Warta‎ > ‎Kolom‎ > ‎

Qurban Pertama Afra

diposting pada tanggal 18 Okt 2013 10.06 oleh Shinta Ratna Dewi   [ diperbarui18 Okt 2013 10.07 ]

sapi qurban Afra
"Nanti mah aku mau qurban sendiri..." ujar Afra hampir setahun yang lalu. Saat itu saya hanya tersenyum. "Disangkanya qurban itu murah mungkin ya" pikir saya waktu itu. 

Dan obrolan itu pun menguap dari benak saya, hingga sebelum ramadhan kemarin Afra bertanya, "Berapa harga hewan qurban, Mi?" 

"Tahun kemarin sih, sapi 1,3jt. Kambing bisa lebih murah, tergantung nyarinya." Jawab saya. Biasanya saya beli kambing di teman yang bisa memberi harga lumayan lebih murah.

"Oh.." jawabnya pendek.

Rupanya selama itu Afra mengumpulkan uang dari berbagai aktivitas. 

Dia membeli jelly bubuk berboks-boks seharga ratusan ribu. Lalu membuat es jelly dan menjualnya di lapang. "Mumpung lagi murah Mi, biar untungnya gede" begitu katanya waktu saya tegur. Soalnya, stok jellynya bisa untuk jualan setahun heu... heu...

Dia juga mengumpulkan upah dari berjualan sosis. Sering juga dia jalan kaki dari angkot ke rumah, agar jatah ojeknya bisa dia simpan. Tak jarang Afra menawarkan diri mencuci mobil, sehingga uang untuk mencuci mobilnya bisa dia dapatkan.

Dia juga merayu Arsyad untuk membagi tugasnya sebagai pustakawan, sehingga upah sebagai pustakawan dia peroleh sebagian. (Saya kadang mengupah mereka untuk pekerjaan-pekerjaan ekstra). Dan Afra selalu jeli melihat peluang. Itu sebabnya, dia selalu punya uang untuk membeli hadiah untuk yang lain, atau membeli berbagai hal yang dia inginkan.

Afra sering menitipkan infaq untuk Mesir, Palestina, dan negeri yang tertimpa bencana. Beberapa bulan lalu Afra menyumbangkan sebagian besar uangnya untuk pembuatan toilet masjid. Praktis hal itu membuat tabungannya berkurang drastis. Rupanya dia khawatir kalau uangnya tidak akan cukup untuk membeli hewan qurban.

Tinggal 3 bulan lagi dan tabungannya tinggal 600rb. "Ya gapapa, kalau kurang nanti ummi tambahin" kata saya waktu itu. "Hmm..bisa lah..dari sini dari sana dari situ masih bisa ngumpulin.." ujarnya super optimis.

Menjelang Iedul Adha, harga hewan ternak melonjak tajam. Harga 1/7 sapi sekitar 1,8 - 2 juta. Saya tanya, "Apakah jadi beli hewan qurban?" Dan Afra dengan mantap menjawab, "Jadi". 

"Ternyata lebih mahal dari yang ummi bilang. Mau ditambahin?"

"Mmm... ga usah. Cukup ko uangnya, gapapa diabisin aja. Nanti aku tinggal nyari lagi.." ujarnya ringan.

Subhanallah, walhamdulillah. Dan inilah sapi urunan Afra. Semoga menjadi kendaraan yang akan menjemputnya di jannah-Nya kelak. Aamiin.


Comments